Dua Resep Menakjubkan

Bismillahirrahmaanirrahiim

sabar dan syukur ; dua resep yang menakjubkan
Alhamdulillaah

Selamat Idul Fitri 1441 H semua, semoga Allah terima semua usaha kita untuk selalu mendekat pada-Nya. 🙏🏼

Gimana liburan dan lebaran di tengah pandemi? Ada sesuatu yang hilang ngga sih rasanya? Yang biasanya setelah lebaran langsung silahturrahim salam – salaman, sekarang hanya bisa bertukar kabar via online 😅😢

Tapi ada satu yang masih sama bagi sebagian orang, yaitu update family portrait, ya ngga sih? Foto bareng keluarga besar, abis itu diupload dengan caption “Mohon Maaf Lahir dan Bathin”.

Kadang saat seperti itu jika dilihat dari luar, ada banyak sekali orang yang dianggap lebih beruntung dari diri. Muncul perasaan – perasaan yang membanding- bandingkan, rumput tetangga terlihat lebih hijau pastinya.

Terbesit dalam pikiran “Wah sempurna sekali dia, paras yang nikmat dipandang.” atau “Maasyaa Allaah, anak yang sehat dan cerdas.” Mungkin ada lagi yang berpikir “Hmm, enak ya kalau kekayaan yang tak habis 7 turunan.” Dan lain sebagainya.

Ditambah lagi lihat sosial media, beragam dokumentasi prestasi dan postingan travelling kesana kemari. Rasanya kok ya diri ini begini begini aja😌

Eits, nanti dulu.. Yang dilihat tadi itu, mungkin baru luarnya saja.

Bisa jadi, ada ketegaran luar biasa di balik itu semua, yang tak pernah sanggup diri untuk mengintipnya. Ada ikhtiar – ikhtiar panjang yang tak kuat diri untuk mengikuti perjuangannya. Ada doa doa terlembut dan penuh harap, yang diri belum mampu untuk menembus pintu langit-Nya.

Karena yang pasti setiap orang ada ujiannya masing- masing. Ada yang Allah kasih ujian a, ada yang Allah kasih ujian b, sampai ada yang Allah kasih ujian x atau z.

Bismillaah, apapun sajian yang Allah berikan pada setiap episode kehidupan yang diri jalani, yakinlah itu pasti baik.

Karena Allah Yang Maha Rahmaan, Yang Maha Rahiim. Kasih dan sayangnya tak terbilang untuk hamba-Nya. Tak akan Allah mencelakakan kita. Tak akan pernah Allah biarkan diri terombang ambing tanpa penjagaan-Nya.

Karena Allah Yang Maha Mengetahui. Ilmu-Nya luas meliputi langit dan bumi. Tak akan sanggup ilmu diri untuk benar- benar tahu apa yang terbaik tanpa petunjuk-Nya.Karena Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, segalanya menjadi mudah di sisi-Nya.

Yasudahlah, memang tak ada sikap yang bisa seberuntung syukur dan sabar.

Bersyukurlah, bisa jadi apa yang diri jalani hari ini adalah impian dari begitu banyak orang di luaran. Bersabarlah, bisa jadi dengan pahala sabar yang tak terbatas dari sisi-Nya, diri akhirnya memiliki privilege memperoleh ridho-Nya untuk berbahagia di sebenarnya tempat berbahagia.

Selamat bersyukur dan bersabar.

“Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin, seluruh urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan maka dia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapat kesusahan maka dia bersabar. Itu pun baik baginya.”

HR. Muslim, No 2999

#Wallahu a’lam #nasihat diri

Leave a Reply